Keindahan Ibadah Umroh

Umroh..Ibadah ini salah satu ibadah yang merupakan Panggilan Suci untuk umat Islam dating ke Baitullah, ibadah ini tidak jauh berbeda dengan ibadah haji, kenapa? Karena ALLAH hanya mengundang hamba-NYA yang ALLAH inginkan, Bukan hanya sekedar orang yang KAYA atau mampu bias memenuhi Panggilan Suci dari-NYA, karena kadang yang sudah mampu untuk pergi kesana, dia tidak bias pergi kesana. Kenapa? Karena ALLAH belum mengijinkan dia untuk bertamu ke rumah-NYA.

Kenapa? Hanya ALLAH saja yang tau alasannya. Ibadah umrah tentunya bukan sekadar mengunjungi ataupun sekadar ibadah fisik belaka. Ibadah umrah tentunya akan lebih bermakna saat umat islam lebih bisa memaknai setiap ibadah dan bisa mensyukuri kebesaran Allah SWT dalam ibadah umroh yang dilakukan sebagai KEINDAHAN. Umat islam akan melihat berbagai keindahan yang di terhampar dari Makkah dan Madinah. Melihat Keindahan Baitullah, Masjid tempat untuk Miqat dan tentunya bukit Shafa dan Marwa.

Keindahan umrah yang bisa umat islam nikmati adalah Masjid Bir Ali. Masjid Bir Ali merupakan sebuah tempat miqat dan shalat sunah 2 rakaat sebelum akan beribadah umrah maupun ibadah haji. Masjid ini berjarak sekitar 15 menit dari Madinah. Di tempat ini lah jamaah laki-laki mengenakan pakaian ikhram. Di masjid ini jamaah umrah akan disuguhi keindahan masjid yang sangat luas dan indah. Masjid ini dilengkapi dengan area parkir dan kamar mandi yang luas dan banyak.

Selanjutnya Jamaah Umroh atau Haji akan disuguhkan Keindahan dari Bukit Shafa dan Marwah. Dua bukit ini terletak tidak jauh dri ka’bah, tapi bukit Shafa dan Marwah sudah tidak seperti aslinya ketika peristiwa Siti Hajar mencarikan air minum untuk putranya nabi Ismail. Saat ini bukit Shafa dan Marwah telah di bangun gedung tinggi yang megah dan dengan desain atap yang indah. Sehingga umat Islam yang menjalankan ibadah Umroh atau Haji tidak merasakan kepanasan lagi, bangunan itu dibangun sepanjang Shafa dan Marwah sepanjang kurang lebih 400 meter. di dalam bangunan tersebut terdapat jalanan lebar dengan empat jalur. Dua jalur sebagai pejalan kaki, dan dua jalur lagi merupakan jalur sebagai pengguna kursi roda.  Di jalan bukit Shafa dan Marwah juga disediakan air minum dan kipas angin yang bisa menyejukkan para jamaah umrah maupun haji. Karena cuaca saat umroh sangat panas dan bisa membuat siapa saja menjadi dehidrasi. Akan lebih baik juga jika anda membawa minuman dengan jumlah yang lebih banyak.

Tempat-tempat tersebut merupakan sedikit dari saksi sejarah perkembangan islam dimana Rasulullah dan para sahabat menyebarkan dan mempertahankan Islam dari kaum Quraisy. Kedua tempat tersebut juga hanya sebagian keindahan umrah. Tentunya kita kaum muslimin bisa merasakan dan menikmati keindahan umrah maupun haji jika kita mendapat panggilan Allah untuk berkunjung ke baitullah. Semoga di sisa umur kita, kita mendapat kesempatan untuk melakukan umrah maupun haji. Amin. @Mr.hans

Add your comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *