Hikmah Menjalankan Ibadah Umroh

Ibadah Umroh adalah Perjalanan Suci, dan banyak sekali hikmah yang terkandung di dalamnya. Karena ibadah umroh adalah wujud dari pertemuan antara kesadaran batin dan kecerdasan rasio. Setiap orang yang melakukan jenis ibadah ini pasti punya pengalaman spiritual yang berbeda-beda. Bahkan kadangkala terlihat tak masuk akal atau di luar perkiraan manusia. Patuh dan mau menyerahkan diri kepada Allah SWT. Itulah wujud utama dari pelaksanaan ibadah umroh di tanah suci. Kita memenuhi panggilan Allah dengan menempuh Perjalanan Suci yang panjang, memakan biaya yang banyak serta waktu yang lama, dan harus berpisah dengan saudara, keluarga serta meninggalkan harta benda yang kita miliki. Tujuannya cuma satu, yaitu menjalankan Perjalanan Suci mulia melalui ibadah dan ritual sesuai dengan syarat-syarat yang telah ditentukan.

Hikmah yang terkandung.
Semua jenis ibadah di dalam agama Islam pasti punya hikmah yang tinggi. Demikian pula dengan ibadah Umroh. Hikmah dari pelaksanaan ibadah ini antara lain :

1.    Meningkatkan kedisiplinan

Ketika di tanah suci Mekkah dan Madinah, seluruh umat yang melaksanakan ibadah umroh harus terbiasa untuk disiplin ketika melaksanakan ritual Umroh maupun sholat. Pola disiplin ini di harapkan bisa terus berkelanjutan meski waktu pelaksanaan ibadah sudah selesai.

2.   Meningkatkan kualitas diri dalam beribadah

Semua yang menjalankan ibadah Suci ini mereka merasa banyak dosa sering merasa putus asa. Namun Allah menjanjikan akan menghapus segala dosa yang kita miliki ketika kita mau melaksanakan ibadah secara tulus dan ikhlas. Hal ini akan mendorong kita untuk lebih taat menjalankan jenis ibadah yang lain selain ibadah Umroh, Menjadikan diri semakin taqwa kepada ALLAH SWT.

3.    Memunculkan sifat yang sabar

Melaksanakan ritual ibadah umroh, tentu banyak cobaan dan godaan yang muncul. Banyak umat Islam dari berbagi negara yang berkumpul di satu tempat. Hal ini akan menimbulkan masalah berkenaan dengan fasilitas yang harus digunakan bersama karena jumlahnya yang terbatas. Di sini sifat sabar kita dituntut harus dikedepankan. Karena sifat egois dan mementingkan diri sendiri akan mengurangi nilai ibadah yang sedang dikerjakan dan juga akan merugikan diri kita sendiri

4.   Melahirkan rasa solidaritas dan kekeluargaan

Dengan berkumpulnya banyak umat dari berbagai negara atau daerah, akan menimbulkan rasa persatuan umat yang tinggi, tanpa membedakan golongan, ras dan lain-lain. Perbedaan yang ada tersebut tidak perlu menimbulkan perpecahan justru harus lebih menguatkan kita dalam bersatu dalam keragaman di tanah suci,

5.   Meningkatkan Pengetahuan Tentang Agama

Ketika umat Islam dari segela penjuru dunia berkumpul, akan menjadi media yang tepat untuk meningkatkan pengetahuan Islamiyah kita lebih efektif dan berkembang, di sini kita bisa saling belajar dan bertukar pengalaman terhadap pelaksanaan ibadah maupun penanaman nilai-nilai Islam di kehidupan sehari-hari dari masing-masing negara atau daerah yang ada di Indonesia.

Selain hikmah-hikmah dari pelaksanaan ibadah umroh di atas, tentu masih ada banyak hikmah yang lain. Setiap umat Islam pasti punya sudut pandang yang berbeda terhadap pelaksanaan ibadah Umroh yang harus dilakukan di tanah suci ini, tapi tetap dengan tujuan satu, yaitu mengagungkan ALLAH SWT.

Namun yang terpenting adalah setelah pulang dari berumroh, kita umat yang sudah pergi kesana harus punya pencerahan jiwa yang baru yang diwujudkan dalam amal shaleh, baik untuk diri sendiri maupun bagi masyarakat dan lingkungannya.

Add your comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *